<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS IV SDN BUNDER 1 PATUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata\r\npelajaran IPAS kelas IV SDN Bunder 1 Patuk dengan menggunakan model\r\npembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions)\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran\r\nIPAS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action\r\nResearch) dengan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari\r\ndua siklus pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun tahapan\r\npenelitiannya adalah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek\r\npenelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data\r\nyang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan\r\ndata menggunakan lembar observasi dan tes soal evaluasi. Teknik analisis data yang\r\ndilakukan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Bunder 1 Patuk. Hasil penelitian tersebut pada pra siklus dengan nilai rata – rata sebesar 45,66%. Pada pelaksanaan tindakan siklus I meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 61,78%. Kemudian, pada pelaksanaan tindakan siklus II juga meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 77,99%. Selain itu, untuk hasil psikomotorik siswa meningkat dilihat dari keaktifan siswa melakukan diskusi dengan teman kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif STAD"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/date> "2025-03-04" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675262> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-fdf7f1738f690dd3437adad2c96533b7> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930#authors> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-fdf7f1738f690dd3437adad2c96533b7> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-fdf7f1738f690dd3437adad2c96533b7> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-fdf7f1738f690dd3437adad2c96533b7> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Leza"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-fdf7f1738f690dd3437adad2c96533b7> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Thalysa"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-fdf7f1738f690dd3437adad2c96533b7> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Leza Thalysa"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675262> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675262> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675262> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS IV SDN BUNDER 1 PATUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/85930/> .
<http://eprints.uny.ac.id/85930/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #85930 \n\nPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS IV SDN BUNDER 1 PATUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)\n\n" .
<http://eprints.uny.ac.id/85930/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" .
<http://eprints.uny.ac.id/85930/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Media Pendidikan" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pendidikan_ips> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pendidikan_ips> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan IPS" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pendidikan_ips> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .