%0 Thesis
%9 S1
%A Thalysa, Leza
%B PGSD
%D 2025
%F UNY:85930
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS IV SDN BUNDER 1 PATUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)
%U http://eprints.uny.ac.id/85930/
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata  pelajaran IPAS kelas IV SDN Bunder 1 Patuk dengan menggunakan model  pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions)  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran  IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action  Research) dengan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari  dua siklus pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun tahapan  penelitiannya adalah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek  penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan  data menggunakan lembar observasi dan tes soal evaluasi. Teknik analisis data yang  dilakukan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Bunder 1 Patuk. Hasil penelitian tersebut pada pra siklus dengan nilai rata – rata sebesar 45,66%. Pada pelaksanaan tindakan siklus I meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 61,78%. Kemudian, pada pelaksanaan tindakan siklus II juga meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 77,99%. Selain itu, untuk hasil psikomotorik siswa meningkat dilihat dari keaktifan siswa melakukan diskusi dengan teman kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif STAD