@phdthesis{UNY85929, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, author = {Laily Nurul Khasanah}, title = {PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI TURI 1 SLEMAN}, year = {2025}, month = {March}, url = {http://eprints.uny.ac.id/85929/}, abstract = {Penelitian memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada peserta didik kelas V SD Negeri Turi 1. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian berpedoman pada model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, skala, serta dokumentasi. Teknik analisis data ialah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas V berjumlah 23 orang. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan rata-rata persentase skala indikator motivasi belajar sebesar 66,42\% pada kategori baik. Persentase skala mengalami peningkatan sebanyak 7,32\% pada siklus I menjadi 71,28\% pada kategori baik. Tindakan siklus belanjut hingga siklus II dengan peningkatan sebanyak 12,74\% menjadi 80,36\% pada kategori sangat baik dan telah memenuhi kriteria keberhasilan, yakni lebih dari 75\%. Sedangkan peserta didik yang memiliki motivasi belajar dengan kategori sangat baik mencapai 18 orang pada siklus II dan 3 orang lainnya pada kategori baik. Kata kunci: Motivasi Belajar, TGT, Pembelajaran IPAS} }