<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penguatan Karakter Siswa Melalui Penggalian Nilai Karakter Kewarganegaraan pada Tokoh Budaya Lokal Reyog Ponorogo yang Terintegrasi dalam Kurikulum IPS."^^ . "Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) menemukan karakteristik masing- masing tokoh Reyog Ponorogo; 2) menganalisis wujud implementasi nilai karakter kewarganegaraan pada tokoh Reyog Ponorogo; 3) menganalisis jenis nilai-nilai karakter kewarganegaraan pada cerita yang dapat diintegrasikan dalam muatan kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); 4) menghasilkan desain konseptual integrasi nilai karakter kewarganegaraan pada cerita Reyog Ponorogo dengan kurikulum IPS SMP sebagai penguatan karakter siswa.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode hermeneutik. Kajian penelitian ini merupakan hasil pengkajian dan penafsiran dari salah satu buku teks tentang cerita Reyog Ponorogo versi Bantarangin yang tertulis dalam buku “Babad Ponorogo” karangan R.A. Surodiningrat yang ditulis kembali oleh Purwowiyono (1985). Metode hermeneutik dalam penelitian ini menggunakan perspektif hermeneutik Dante, dengan langkah-langkah: 1) studi pendahuluan; 2) pemahaman tentang Reyog Ponorogo; 3)analisis teks; 4) identifikasi tema dan alegori; 5) rujukan pada konteks sejarah dan budaya; 6) penerapan analisis alegori; 7) kontinuitas dan keselarasan; 8) refleksi subjektivitas; 9) tinjauan ulang dan pengayaan.\r\nHasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Karakteristik tokoh Klana Sewandana memiliki integritas kepribadian yang menjunjung keadilan dan kebersamaan; karakteristik Bujangganong sebagai sosok yang pemberani, tanggung jawab, dan jenaka; karakteristik tokoh Dewi Sanggalangit sebagai sosok yang kurang bertanggung jawab; 2) Wujud implementasi nilai karakter kewarganegaraan pada cerita Reyog Ponorogo ditemukan ada 13 nilai karakter dari 18 indikator nilai karakter yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli sosial, dan tanggung jawab; 3) Nilai karakter kewarganegaraan dalam cerita Reyog Ponorogo yang relevan dengan muatan kurikulum IPS terdapat pada CP 1 ditemukan pada tokoh Klana Sewandana dan Bujangganong yaitu nilai peduli sosial, tanggung jawab, toleransi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, kerja keras, dan kreatif; pada CP 2 ditemukan pada tokoh Klana Sewandana dan Bujangganong yaitu nilai karakter cinta tanah air, semangat kebangsaan, religius, demokrasi, toleran, dan kreatif; pada CP 3 ditemukan pada tokoh Klana Sewandana dan Bujangganong yaitu nilai karakter toleran, mandiri, demokratis, peduli sosial, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air; 4) Desain konseptual integrasi nilai karakter kewarganegaraan pada cerita Reyog Ponorogo dengan kurikulum IPS SMP sebagai penguatan karakter siswa."^^ . "2024-08-13" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Marzuki"^^ . "Marzuki"^^ . "Marzuki Marzuki"^^ . . "Prihma Sinta"^^ . "Utami"^^ . "Prihma Sinta Utami"^^ . . . . . . "Penguatan Karakter Siswa Melalui Penggalian Nilai Karakter Kewarganegaraan pada Tokoh Budaya Lokal Reyog Ponorogo yang Terintegrasi dalam Kurikulum IPS. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #85889 \n\nPenguatan Karakter Siswa Melalui Penggalian Nilai Karakter Kewarganegaraan pada Tokoh Budaya Lokal Reyog Ponorogo yang Terintegrasi dalam Kurikulum IPS.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan IPS" . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .