eprintid: 85885
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 1290
dir: disk0/00/08/58/85
datestamp: 2025-03-03 03:10:31
lastmod: 2025-03-03 03:10:31
status_changed: 2025-03-03 03:10:31
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Zuliana, Eka
creators_name: Astuti D, Siti Irene
title: Local Instructional Theory Pembelajaran Matematika berbasis Budaya untuk Membangun Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar.
ispublished: pub
subjects: D1
subjects: F4
divisions: pps_ip
full_text_status: restricted
keywords: kemampuan literasi matematika, LIT, pembelajaran matematika berbasis budaya
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) desain hypothetical
learning trajectory, dan (2) Local Instructional Theory pembelajaran
matematika berbasis budaya untuk memantik kemampuan literasi matematika
siswa sekolah dasar (SD).
Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Gravemeijer & Cobb,
yang tahapannya meliputi: 1) preparing for the experiment, dimana penyusunan
Hypothetical Learning Trajectory (HLT) mencakup tujuan pembelajaran,
serangkaian kegiatan pembelajaran, dan dugaan alur belajar siswa; 2) design
experiment, dimana tahap pengujicobaan dilaksanakan pada kelas pilot
yang terdiri dari sembilan siswa dan kelas teaching experiment yang terdiri
dari dua puluh empat siswa; dan 3) retrospective analysis, dimana dilakukan
analisis terhadap HLT menjadi LT (learning trajectory) dengan melalui
serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengklarifikasi dan
mengkonfirmasi alur belajar siswa sehingga diperoleh framework pedoman
Local Instructional Theory (LIT).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis
budaya dapat membangun kemampuan literasi matematika siswa (SD).
Lintasan belajar yang dihasilkan bersifat factual atau terkonfirmasi dalam
serangkaian aktivitas pembelajaran matematika berbasis budaya. Framework
pedoman LIT pada pembelajaran matematika berbasis budaya menghasilkan
lima aktivitas pembelajaran yang telah dilalui siswa dalam membangun
kemampuan literasi matematikanya. Lima aktivitas pembelajaran tersebut
adalah (1) siswa mampu memanggil kembali pengetahuannya terkait budaya
yang ada di lingkungan sekitarnya, (2) siswa mampu mengidentifikasi
dan menemukan kesesuaian elemen etnomatematika yang ada dalam suatu
pengetahuan budaya, (3) siswa mampu memahami dan merumuskan situasi
permasalahan etnomatematika dan menyederhanakannya ke dalam model dan
masalah matematika, (4) siswa mampu menerapkan prosedur dan penalaran
untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi kesimpulan secara
matematis, dan (5) siswa mampu menafsirkan dan melakukan evaluasi
terhadap solusi matematis ke dalam solusi di dalam konteks budaya/dunia nyata.
date: 2024-07-25
date_type: published
institution: Sekolah Pascasarjana
department: Ilmu Pendidikan
thesis_type: disertasi
citation:   Zuliana, Eka and Astuti D, Siti Irene  (2024) Local Instructional Theory Pembelajaran Matematika berbasis Budaya untuk Membangun Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar.  S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/85885/1/disertasi_eka%20zuliana_17703261019.pdf