<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/title> "Local Instructional Theory Pembelajaran Matematika berbasis Budaya untuk Membangun Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) desain hypothetical\r\nlearning trajectory, dan (2) Local Instructional Theory pembelajaran\r\nmatematika berbasis budaya untuk memantik kemampuan literasi matematika\r\nsiswa sekolah dasar (SD).\r\nPenelitian ini menggunakan desain penelitian model Gravemeijer & Cobb,\r\nyang tahapannya meliputi: 1) preparing for the experiment, dimana penyusunan\r\nHypothetical Learning Trajectory (HLT) mencakup tujuan pembelajaran,\r\nserangkaian kegiatan pembelajaran, dan dugaan alur belajar siswa; 2) design\r\nexperiment, dimana tahap pengujicobaan dilaksanakan pada kelas pilot\r\nyang terdiri dari sembilan siswa dan kelas teaching experiment yang terdiri\r\ndari dua puluh empat siswa; dan 3) retrospective analysis, dimana dilakukan\r\nanalisis terhadap HLT menjadi LT (learning trajectory) dengan melalui\r\nserangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan pengumpulan data melalui\r\nobservasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengklarifikasi dan\r\nmengkonfirmasi alur belajar siswa sehingga diperoleh framework pedoman\r\nLocal Instructional Theory (LIT).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis\r\nbudaya dapat membangun kemampuan literasi matematika siswa (SD).\r\nLintasan belajar yang dihasilkan bersifat factual atau terkonfirmasi dalam\r\nserangkaian aktivitas pembelajaran matematika berbasis budaya. Framework\r\npedoman LIT pada pembelajaran matematika berbasis budaya menghasilkan\r\nlima aktivitas pembelajaran yang telah dilalui siswa dalam membangun\r\nkemampuan literasi matematikanya. Lima aktivitas pembelajaran tersebut\r\nadalah (1) siswa mampu memanggil kembali pengetahuannya terkait budaya\r\nyang ada di lingkungan sekitarnya, (2) siswa mampu mengidentifikasi\r\ndan menemukan kesesuaian elemen etnomatematika yang ada dalam suatu\r\npengetahuan budaya, (3) siswa mampu memahami dan merumuskan situasi\r\npermasalahan etnomatematika dan menyederhanakannya ke dalam model dan\r\nmasalah matematika, (4) siswa mampu menerapkan prosedur dan penalaran\r\nuntuk memecahkan masalah dan menemukan solusi kesimpulan secara\r\nmatematis, dan (5) siswa mampu menafsirkan dan melakukan evaluasi\r\nterhadap solusi matematis ke dalam solusi di dalam konteks budaya/dunia nyata."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/date> "2024-07-25" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675251> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7afb8084427ef8b3512ba16c34873eea> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7afb8084427ef8b3512ba16c34873eea> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Sekolah Pascasarjana"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7afb8084427ef8b3512ba16c34873eea> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-731e91c3b7d7950185b68c16d268c514> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-731e91c3b7d7950185b68c16d268c514> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-731e91c3b7d7950185b68c16d268c514> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7afb8084427ef8b3512ba16c34873eea> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-731e91c3b7d7950185b68c16d268c514> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7afb8084427ef8b3512ba16c34873eea> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-731e91c3b7d7950185b68c16d268c514> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-dfcaceab712dac593b6fd1f8642f58e0> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885#authors> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-dfcaceab712dac593b6fd1f8642f58e0> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-029206241e619c72dd575154a446efe8> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885#authors> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_2> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-029206241e619c72dd575154a446efe8> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-029206241e619c72dd575154a446efe8> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-029206241e619c72dd575154a446efe8> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Siti Irene"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-029206241e619c72dd575154a446efe8> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Astuti D"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-029206241e619c72dd575154a446efe8> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Siti Irene Astuti D"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-dfcaceab712dac593b6fd1f8642f58e0> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-dfcaceab712dac593b6fd1f8642f58e0> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Eka"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-dfcaceab712dac593b6fd1f8642f58e0> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Zuliana"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-dfcaceab712dac593b6fd1f8642f58e0> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Eka Zuliana"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675251> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675251> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675251> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "Local Instructional Theory Pembelajaran Matematika berbasis Budaya untuk Membangun Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/85885/> .
<http://eprints.uny.ac.id/85885/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #85885 \n\nLocal Instructional Theory Pembelajaran Matematika berbasis Budaya untuk Membangun Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar.\n\n" .
<http://eprints.uny.ac.id/85885/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" .
<http://eprints.uny.ac.id/85885/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/D1> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/D1> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Dasar"@en .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/D1> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/F4> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/F4> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Matematika"@en .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/F4> .