eprintid: 85884 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/58/84 datestamp: 2025-03-03 03:17:15 lastmod: 2025-03-03 03:17:15 status_changed: 2025-03-03 03:17:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Jatmiko, Jatmiko creators_name: Retnawati, Heri title: Pengembangan Model Pembelajaran Worked Example-Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengurangi Beban Kognitif Dan Meningkatkan Keterampilan Metakognisi. ispublished: pub subjects: D0 subjects: D8 subjects: F4 divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: beban kognitif; keterampilan metakognisi; worked example- metakognisi abstract: Penelitian ini bertujaun untuk 1) mengembangkan model pembelajaran worked example-metakognisi; 2) menghasilkan model pembelajaran worked example-metakognisi yang valid; 3). menghasilkan model pembelajaran worked example-metakognisi yang praktis; dan 4) menghasilkan model pembelajaran worked example-metakognisi yang efektif dalam pembelajaran matematika untuk Mengurangi Beban Kognitif Dan Meningkatkan Keterampilan Metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Kediri. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes serta melalui wawancara dan observasi. Data kelayakan model pembelajaran dikumpulkan dengan lembar validasi. Data beban kognitif dan kemampuan metakognisi dikumpulkan dengan angket. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan soal tes hasil belajar matematika. Data dianalisis secara deskriptif dan statistic inferensial. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Sintaks model pembelajaran worked example-metacognition dalam pembelajaran matematika meliputi tahap Introductory, declarative, eksplorasi, controlled practice, dan evaluation. (2) Model pembelajaran worked example-metacognition dalam pembelajaran matematika dinilai layak oleh ahli dan praktisi. (3) Model pembelajaran worked example-metacognition dalam pembelajaran matematika dinilai praktis oleh observer dan peserta didik. (4) Model pembelajaran worked example- metacognition dalam pembelajaran matematika dinilai efektif dalam menurunkan beban kognitif, meningkatkan keterampilan metakognisi, dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. date: 2024-07-30 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Jatmiko, Jatmiko and Retnawati, Heri (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Worked Example-Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengurangi Beban Kognitif Dan Meningkatkan Keterampilan Metakognisi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85884/1/disertasi_jatmiko_17703261032.pdf