eprintid: 8586 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/85/86 datestamp: 2012-12-11 03:12:26 lastmod: 2019-01-29 17:40:51 status_changed: 2012-12-11 03:12:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FEBRI GALIH, PANGESTI corp_creators: DJIHAD HISYAM, M.Pd corp_creators: JOKO KUMORO, M.Si corp_creators: SURANTO, M.Pd., M.Si title: PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS NGAGLIK 1 SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: administrasi_perkantoran subjects: perpus divisions: upt_perpus divisions: fe_pend_adm_perkantoran full_text_status: public keywords: Pelayanan, Publik, Puskesmas abstract: Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta; (2) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta; (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Puskesmas Ngaglik Sleman Yogyakarta untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, karena prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan dan melukiskan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak dan sebagaimana adanya. Subyek penelitian ini adalah Kepala Seksi Pelayanan di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta dibantu staff atau karyawan dan masyarakat pengguna pelayanan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta berpedoman pada keputusan MENPAN NO. 63/ KEP/ M. PAN/ 7 / 2003, tentang prinsip pelayanan publik yang meliputi : kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, keramahan, dan kenyamanan yang belum berjalan dengan maksimal. Beberapa hambatan antara lain : (1) Kurangnya petugas pelayanan di beberapa unit; (2) Masih rendahnya tingkat kedisiplinan pegawai dalam menjalankan tugas; (3) Keterbatasan pegawai dalam memanfaatkan teknologi modern; (4) Kurangnya pemahaman pasien terhadap prosedur pelayanan. Upaya yang dilakukan yaitu : (1) Petugas di unit lain yang beban kerjanya sedikit, membantu petugas yang beban kerjanya lebih banyak; (2) Menumbuhkan kesadaran diri untuk bekerja secara benar dan meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja; (3) Merekrut lebih banyak lagi tenaga yang berkompeten untuk mengoperasionalkan alat- alat modern; (4) Perlu adanya petugas informasi (costumer service) yang secara khusus menjelaskan kepada para pasien yang belum jelas tentang prosedur. Kata kunci : Pelayanan, Publik, Puskesmas date: 2012-06 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL thesis_type: skripsi citation: FEBRI GALIH, PANGESTI (2012) PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS NGAGLIK 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/8586/1/1%20-%2005402244038.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8586/2/BAB%201%20-%2005402244038.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8586/3/BAB%202%20-%2005402244038.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8586/4/BAB%205%20-%2005402244038.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8586/5/LAMPIRAN%20-%2005402244038.pdf