%T PENGARUH PRICE FAIRNESS DAN CUSTOMER SERVICES TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Bus PT. Antar Lintas Sumatera) %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %K Price Fairness, Customer Services, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan %A SAHRIZAL ANDI %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang: (1) pengaruh price fairness yang dimediasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dan (2) pengaruh customer services yang dimediasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bus PT. Antar Lintas Sumatera. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan bus PT. Antar Lintas Sumatera pada bulan Agustus 2012. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu dari pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) dan reliabilitasnya menggunakan metode alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan path analysis. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Price fairness berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas pelanggan bus PT. Antar Lintas Sumatera sebesar 44,7%. Hal ini dibuktikan dari koefisien korelasi yang bernilai positif sebesar 0,669; dan nilai F hitung sebesar 79,302 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05). Besarnya pengaruh price fairness secara langsung ke loyalitas pelanggan sebesar 0,447; sedangkan pengaruh tidak langsung hanya sebesar 0,134. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh sebenarnya adalah pengaruh langsung (2) Customer services berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas pelanggan bus PT. Antar Lintas Sumatera sebesar 35%. Hal ini dibuktikan dari koefisien korelasi yang bernilai positif sebesar 0,591; dan nilai F hitung sebesar 52,728 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05). Besarnya pengaruh customer services secara langsung ke loyalitas pelanggan sebesar 0,350; sedangkan pengaruh tidak langsung hanya sebesar 0,052. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh sebenarnya adalah pengaruh langsung. Kata kunci: Price Fairness, Customer Services, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan %L UNY8576