eprintid: 85639 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/56/39 datestamp: 2025-02-27 08:51:20 lastmod: 2025-02-27 08:51:20 status_changed: 2025-02-27 08:51:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Istiqomah, Umi Yaumil corp_creators: Dr. Yudanto, M.Pd. title: Korelasi Penggunaan Pembelajaran TGT Dengan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Perempuan Pada Pelajaran PJOK Kelas XI SMA 4 Singkawang ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: hubungan, hasil belajar, model TGT, partisipasi note: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd. abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa perempuan dalam pelajaran pendidikan jasmani. Metode ini digunakan untuk membantu siswa menyelesaikan tugas yang diberikan serta memperoleh nilai hasil belajar yang maksimal. Model pembelajaran TGT dalam pelaksanaannya di dalam kelas meliputi proses penyajian, membentuk tim, cara permainan, dan mulai pertandingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa perempuan yang berasal dari kelas XI di SMA Negeri 4 Singkawang. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner PEPAS dan lembar penilaian hasil belajar. Pengumpulan data data partisipasi diperoleh dari kuesioner sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttes yang dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa lembar instrumen kuesioner PEPAS dan tes yang dikembangkan masing-masing memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat baik berdasarkan uji SPSS dengan nilai rata-rata (>0.3338). Uji hipotesis bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil pretest dan postest sebesar (0,000). Model pembelajaran yang menggunakan strategi TGT ini berhubungan terhadap partisipasi siswa perempuan sebesar (16.218) dan hasil belajar siswa perempuan dengan rata-rata meningkat sebesar (16.391). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran TGT memiliki hubungan yang signifikan terhadap peningkatan partisipasi dan hasil siswa. date: 2024-08-15 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Istiqomah, Umi Yaumil (2024) Korelasi Penggunaan Pembelajaran TGT Dengan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Perempuan Pada Pelajaran PJOK Kelas XI SMA 4 Singkawang. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85639/1/fulltext_umi%20yaumil%20istiqomah_20733251027.pdf