eprintid: 85637 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/56/37 datestamp: 2025-02-27 07:55:06 lastmod: 2025-02-27 07:55:06 status_changed: 2025-02-27 07:55:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Bawono, Elang corp_creators: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. title: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Sekolah Inklusi : Studi Kasus SD Negeri Tirtosari Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul ispublished: pub subjects: or_pkr subjects: pssd_pgsd divisions: fik_olahraga_pgsd_penjas full_text_status: public keywords: ableisme, pendidikan inklusi, pendidikan jasmani adaptif note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif, serta faktor penghambat dan deskripsi lingkungan inklusif pada sekolah inklusi SD Negeri Tirtosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, guru kelas, guru pembimbing khusus, dan peserta didik dengan disabilitas di SD Negeri Tirtosari. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara secara semi-terstruktur dan mendalam serta teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (2014), yaitu dengan pengumpulan, reduksi atau kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data meliputi triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani adaptif dilakukan secara parsial meliputi : (1) Tahap perencanaan pembelajaran guru yang dilakukan hanya pada aspek penilaian; (2) Tahap pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif meliputi pendekatanpendekatan yang inklusif kepada peserta didik dan pemberian motivasi; (3) Tahap Evaluasi dilakukan dengan penyesuaian bobot penilaian pada pembelajaran pendidikan jasmani untuk peserta didik dengan disabilitas; (4) Faktor penghambat yang meliputi hambatan sistemik, tantangan personil, tantangan metodologi, dan tantangan transdisipliner; (5) Lingkungan yang kurang inklusif dimana masih terdapat fenomena ableisme di lingkungan sekolah terutama bagi sesama peserta didik date: 2024-08-15 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar thesis_type: skripsi citation: Bawono, Elang (2024) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Sekolah Inklusi : Studi Kasus SD Negeri Tirtosari Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85637/1/fulltext_elang%20bawono_20604221029.pdf