eprintid: 85634 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/56/34 datestamp: 2025-02-27 07:21:04 lastmod: 2025-02-27 07:21:04 status_changed: 2025-02-27 07:21:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mubarak, Tomi Ammar corp_creators: Prof. Dr. Subagyo, M.Pd. title: Pelaksanaan Pembelajaran Renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: pelaksanaan, pembelajaran renang, sekolah dasar note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Subagyo, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mekanisme pelaksanaan pembelajaran renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. (2) kendala dalam pelaksanaan pembelajaran renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. (3) solusi pelaksanaan pembelajaran renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods).Subjek penelitian ini adalah Guru PJOK SD Negeri di Kota Yogyakarta dan pengelola kolam renang digunakan pembelajaran renang yang diambil berdasarkan random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan kuisoner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran renang sudah dilaksanakan SD Negeri di Kota Yogyakarta. Pembelajaran renang dilaksanakan secara teori di kelas bawah, yaitu kelas I-III, sedangkan di kelas atas sudah dilaksanakan secara praktik di pagi hari mengikuti jam pembelajaran PJOK. Pelaksanaan pembelajaran renang dilakukan minimal 8 kali pertemuan, hal tersebut agar peserta didik mampu menguasai teknik dasar olahraga renang dengan baik. Namun, pelaksanaan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta masih kurang berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 1,02% (1 guru), “kurang” sebesar 68,37% (67 guru), “baik” sebesar 30,61% (30 guru), dan “sangat baik” sebesar 0,00% (0 guru). (2) Sekolah mendukung pelaksanaan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta. Bentuk dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran renang yaitu sekolah memberikan izin kepada guru PJOK untuk melaksanakan pembelajaran renang di pagi hari. Faktor pendukung lain yaitu dari guru PJOK itu sendiri, guru diharuskan mampu menguasai teknik berenang, meskipun ada sekolah yang menyewa pelatih renang dari luar. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta yaitu masih ada orang tua yang tidak mendukung anaknya mengikuti pembelajaran renang, fasilitas yang kurang mendukung, dan faktor dari guru yang tidak semuanya mempunyai teknik dasar renang. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta yaitu guru membuat pembelajaran renang semenarik mungkin kemudian foto dikirim ke grup whatsapp agar orang tua yang tidak memberikan izin mengetahui. Dari segi fasilitas, sekolah ada yang mempunyai manajemen baik, sehingga masalah fasilitas dapat diatasi, selanjutnya solusi untuk guru yaitu guru berusaha terus untuk belajar teknik renang dengan baik, agar dapat mengajarkan teknik renang kepada peserta didik. date: 2024-08-13 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Mubarak, Tomi Ammar (2024) Pelaksanaan Pembelajaran Renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85634/1/fulltext_tomi%20ammar%20mubarak_20733251011.pdf