TY - THES M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/85625/ TI - Hubungan antara Kesegaran Jasmani, Kecerdasan Interpersonal, dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar PJOK Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta KW - kesegaran jasmani KW - kecerdasan interpersonal KW - kecerdasan emosional KW - hasil belajar PJOK N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Amat Komari, M.Si. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2024/08/08/ AV - public ID - UNY85625 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hubungan kesegaran jasmani terhadap hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta. (2) Mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta. (3) Mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta. (4) Mengetahui hubungan antara kesegaran jasmani, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 224 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan pendekatan simple random sampling, berjumlah 147 peserta didik. Instrumen kesegaran jasmani menggunakan TKSI Fase D, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan emosional menggunakan angket, serta hasil belajar PJOK menggunakan raport. Analisis data yaitu uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kesegaran jasmani terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan, p-value 0,000 < 0,05 dan sumbangan sebesar 20,83%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan, p-value 0,030 < 0,05 dan sumbangan sebesar 4,57%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan, p-value 0,011 < 0,05 dan sumbangan sebesar 12,10%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara kesegaran jasmani, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan, p- value 0,000 < 0,05 dan sumbangan sebesar 37,50%. A1 - Sukmajati, Aulia Rama ER -