eprintid: 85609 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/56/09 datestamp: 2025-02-18 08:03:54 lastmod: 2025-03-03 04:10:36 status_changed: 2025-02-18 08:03:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayat, Dian Ananda corp_creators: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. title: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Kinestetik, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: ecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik, motivasi belajar, hasil belajar PJOK note: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri seKecamatan Kretek Kabupaten Bantul (2) Mengetahui hubungan antara kecerdasan kinestetik dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri seKecamatan Kretek Kabupaten Bantul. (3) Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul (4) Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri seKecamatan Kretek Kabupaten Bantul yang berjumlah 355 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan pendekatan cluster random sampling, berjumlah 188 peserta didik. Instrumen kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik, dan motivasi belajar menggunakan angket, serta hasil belajar PJOK menggunakan raport. Analisis data yaitu uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komponen kecerdasan emosional menyumbangkan 16,51% terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,000. (2) Pada komponen kecerdasan kinestetik menyumbangkan 13,94% terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,002. (3) Pada komponen motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul menyumbang 11,15% dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,031 (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga variabel terhadap hasil belajar dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik, motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul dengan sumbangan sebesar 41,60%. date: 2024-08-09 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Hidayat, Dian Ananda (2024) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Kinestetik, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85609/1/fulltext_dian%20ananda%20hidayat_21633251060.pdf