TY - THES M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/85609/ TI - Hubungan Antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Kinestetik, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul KW - ecerdasan emosional KW - kecerdasan kinestetik KW - motivasi belajar KW - hasil belajar PJOK Y1 - 2024/08/09/ PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. AV - public ID - UNY85609 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri seKecamatan Kretek Kabupaten Bantul (2) Mengetahui hubungan antara kecerdasan kinestetik dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri seKecamatan Kretek Kabupaten Bantul. (3) Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul (4) Mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri seKecamatan Kretek Kabupaten Bantul yang berjumlah 355 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan pendekatan cluster random sampling, berjumlah 188 peserta didik. Instrumen kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik, dan motivasi belajar menggunakan angket, serta hasil belajar PJOK menggunakan raport. Analisis data yaitu uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komponen kecerdasan emosional menyumbangkan 16,51% terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,000. (2) Pada komponen kecerdasan kinestetik menyumbangkan 13,94% terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,002. (3) Pada komponen motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul menyumbang 11,15% dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,031 (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga variabel terhadap hasil belajar dengan nilai person correlation 0,05 dan taraf signifikasi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik, motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul dengan sumbangan sebesar 41,60%. A1 - Hidayat, Dian Ananda ER -