TY  - THES
A1  - Hanifah, Hielda
TI  - PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/85598/
M1  - skripsi
Y1  - 2025/02/18/
ID  - UNY85598
N2  - Pendidikan sangat penting bagi manusia, dengan pendidikan mampu
menanamkan karakter mulia bagi siswa salah satunya kemandirian siswa
dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya
pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar
kelas V Se- Gugus III Kapanewon Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain regresi yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Godean 1, Sekolah Dasar Negeri Godean 2, Sekolah Dasar Negeri Krajan, Sekolah Dasar Negeri Sentul, Sekolah Dasar Muhammadiyah Sangonan III, Sekolah Dasar Muhammadiyah Sangonan IV dengan sampel berjumlah 153 siswa yang
didapatkan dari teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan skala likert dalam bentuk kuesioner. Teknik
analisis data dalam menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan rumus
regresi linearitas sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa
Sekolah Dasar kelas V Se-Gugus III Kapanewon Godean Kabupaten
Sleman. Pengaruh variabel bebas (efikasi diri siswa) terhadap variabel
tergantung (kemandirian belajar) adalah 43,9% dan nilai R adalah 0.663
yang berarti bahwa besarnya nilai korelasi/hubungan antara kedua variabel
tersebut adalah 0.663 yang tergolong kuat.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Sekolah Dasar
AV  - restricted
ER  -