relation: http://eprints.uny.ac.id/85598/ title: PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN creator: Hanifah, Hielda subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Pendidikan sangat penting bagi manusia, dengan pendidikan mampu menanamkan karakter mulia bagi siswa salah satunya kemandirian siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar kelas V Se- Gugus III Kapanewon Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain regresi yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Godean 1, Sekolah Dasar Negeri Godean 2, Sekolah Dasar Negeri Krajan, Sekolah Dasar Negeri Sentul, Sekolah Dasar Muhammadiyah Sangonan III, Sekolah Dasar Muhammadiyah Sangonan IV dengan sampel berjumlah 153 siswa yang didapatkan dari teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis data dalam menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan rumus regresi linearitas sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar kelas V Se-Gugus III Kapanewon Godean Kabupaten Sleman. Pengaruh variabel bebas (efikasi diri siswa) terhadap variabel tergantung (kemandirian belajar) adalah 43,9% dan nilai R adalah 0.663 yang berarti bahwa besarnya nilai korelasi/hubungan antara kedua variabel tersebut adalah 0.663 yang tergolong kuat. Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Sekolah Dasar date: 2025-02-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/85598/1/Karya%20Ilmiah%20Skripsi_Hielda%20Hanifah_18108241050_PGSD.pdf identifier: Hanifah, Hielda (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.