<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA LUDO KOLABORASI PECAHAN (DOKOCAH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Ludo Kolaborasi\r\nPecahan (DOKOCAH) yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan\r\nketerampilan kolaborasi siswa kelas IV pada pembelajaran materi pecahan di SD\r\nNegeri Adisucipto 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research\r\nand Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu\r\nAnalyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Analisis dilakukan\r\nmenggunakan observasi dan wawancara. Desain ludo menggunakan canva. Hasil\r\npengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Implementasi\r\nperseorangan dilakukan oleh guru, kelompok kecil dilakukan oleh 8 siswa, dan\r\nkelompok besar dilakukan oleh 20 siswa. Evaluasi dilakukan kepada 20 siswa kelas\r\nIV untuk mengukur keefektifan media. Instrumen kuantitatif yang dikembangkan\r\ntelah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan\r\ndeskriptif kualitatif guna menjelaskan data wawancara dan teknik analisis deskriptif\r\nkuantitatif untuk mengukur hasil validasi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan\r\nmedia. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk\r\npada kategori “Sangat Layak” dengan persentase validasi ahli materi sebesar 91,3%\r\ndan validasi ahli media sebesar 87%. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa media\r\ntermasuk dalam kategori “Sangat Praktis”, diperoleh persentase respon guru\r\nsebesar 100% dan respon siswa sebesar 85,5%. Pada uji efektivitas, terjadi\r\npeningkatan keterampilan kolaborasi siswa, dibuktikan dari nilai N-Gain sebesar\r\n0,71 termasuk dalam kategori “Tinggi”, dimana nilai N-Gain kelas eksperimen\r\nlebih besar dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,26 termasuk dalam\r\nkategori “Rendah”. Hasil uji t dua sampel bebas dengan skor N-Gain menunjukkan\r\nnilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas\r\nkontrol dan eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa media Ludo Kolaborasi\r\nPecahan (DOKOCAH) efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan\r\nkolaborasi siswa.\r\nKata Kunci : Keterampilan Kolaborasi, Ludo, Pecahan"^^ . "2025-02-18" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Siti Raihani"^^ . "Vesya"^^ . "Siti Raihani Vesya"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA LUDO KOLABORASI PECAHAN (DOKOCAH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN (Text)"^^ . . "HTML Summary of #85595 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA LUDO KOLABORASI PECAHAN (DOKOCAH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN\n\n" . "text/html" . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .