TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan program Gerakan Literasi Sekolah, tahap pelaksanaan juga hasil program gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan subjek penelitian yaitu SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta dengan melibatkan kepala sekolah, pendidik, peserta didik dan pustakawan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program GLS di SD Muhammadiyah Condongcatur dilakukan melalui ikut pelatihan literasi, rapat kerja bersama, menyusun anggaran dan jadwal kegiatan, menyusun modul ajar, membuat sudut baca kelas (2) pelaksanaan program GLS di SD Muhammadiyah Condongcatur dilakukan melalui kegiatan rutinan harian meliputi kegiatan literasi keagamaan, pembiasaan membaca buku cerita selama 15 menit, menanggapi buku bacaan, dan pemanfaatan sudut baca kelas; rutinan mingguan meliputi upacara bendera, perpustakaan keliling, dan pergantian buku bacaan; rutinan bulanan meliputi ?Gemar Membaca? dan GALAKSI; serta kegiatan insidentil meliputi kegiatan literasi yang dilakukan melalui praktikum sesuai dengan project P5 atau mata pelajaran dan membuat buku antologi puisi. (3) hasil dari pelaksanaan program GLS di SD Muhammadiyah Condongcatur adalah terbentuknya peserta didik yang gemar membaca, terbentuknya peserta didik yang terampil berliterasi, dan menghasilkan produk atau karya literasi peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sekolah Dasar ID - UNY85593 Y1 - 2025/02/18/ TI - IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR AV - restricted M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/85593/ A1 - Thoriq, Arfi Ryan PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ER -