TY - THES A1 - Khoeruddin, Ahmad ID - UNY85573 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemandirian belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Bantul yang berjumlah 178 peserta didik. Teknik sampling menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan survei.Instrumen menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Bantul berada pada kategori ?sangat kurang? sebesar 0,00% (0 peserta didik), ?kurang? sebesar 56,74% (101 peserta didik), ?cukup? sebesar 35,96% (64 peserta didik), ?baik? sebesar 7,30% (13 peserta didik), dan ?sangat baik? sebesar 0,00% (0 peserta didik). Kemandirian belajar PJOK peserta didik kelas kelas VIII di SMP Negeri 1 Bantul berdasarkan faktor yaitu faktor memiliki tanggung jawab ada kategori ?cukup? 60,67% (108 peserta didik), faktor mengambil inisiatif kategori ?kurang? 41,57% (74 peserta didik), faktor memiliki rasa percaya diri kategori ?cukup? 49,44% (88 peserta didik), faktor mampu mengatasi masalah kategori ?kurang? 43,82% (78 peserta didik). AV - public PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2024/08/13/ N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. KW - kemandirian belajar KW - PJOK KW - peserta didik kelas VIII TI - Kemandirian Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bantul UR - http://eprints.uny.ac.id/85573/ M1 - skripsi ER -