%K aktivitas fisik, kompetensi motorik, peserta didik kelas V %L UNY85568 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %T Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kompetensi Motorik Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kalongan Kabupaten Sleman %O Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or. %D 2024 %A Mahendra Surya Buwana %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kompetensi Motorik pada peserta didik kelas V SD Negeri Kalongan, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dari kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kalongan yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik dalam pengambilan hasil tes menggunakan metode Total Sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner aktivitas fisik Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) milik (C. Kowalski, 2004, pp. 6-7), dan instrumen Tes KTK3+ milik Platvoet (2020, p. 2). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi antara aktivitas fisik dengan kompetensi Motorik. Hasil penelitian pada peserta didik kelas V SD Negeri Kalongan menunjukkan nilai korelasi aktivitas fisik dengan kompetensi motorik sebesar 0,000. Koefisien korelasi pearson yang diperoleh bernilai negatif, dan berdasarkan pengujian hubungan keduanya signifikan.