eprintid: 85553 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/55/53 datestamp: 2025-02-17 07:44:13 lastmod: 2025-02-17 07:44:13 status_changed: 2025-02-17 07:44:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khotimah, Nuringsih Khusnul title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS 5 SD N PERCOBAAN 2 KABUPATEN SLEMAN ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penanaman Pendidikan karakter gotong royong melalui pengembangan diri siswa kelas 5 SD Negeri Percobaan 2 Sleman. Pendeskripsian implementasi penanaman gotong royong ini dilihat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu kepala sekolah, guru kelas 5, dan siswa kelas 5 di SD Negeri Percobaan 2 Sleman. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas dan reabilitas meliputi uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Teknik analisis yang digunakan pengumpulan data, kondensasi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pendidikan karakter gotong royong telah terlaksana di SD Negeri Percobaan 2 melalui tahapan perencanaan dengan penyusunan program kerja berupa kegiatan rutin, spontan, keteladanan; kemudian melakukan sosialisasi pada pihak terkait sebelum pelaksanaan program; selanjutnya sekolah melakukan pengkondisian demi menunjang pelaksanaan Pendidikan karakter dengan menyiapkan fasilitas sekolah yang baik. Pelaksanaan pengembangan diri melalui kegiatan rutin dilaksanakan melalui pembiasaan positif dan ekstrakulikuler. Kemudian kegiatan spontan dilaksanakan melalui tolong menolong, menyapa guru, membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan keteladanan dilaksanakan contoh sikap dan perilaku yang baik dari guru dan pemberian reward pada siswa dan guru. Tahapan evaluasi dilakukan dengan memonitor bagaimana perkembangan siswa melalui briefing pagi dan teguran langsung. Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter gotong royong, kegiatan pengembangan diri date: 2025-02-17 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Khotimah, Nuringsih Khusnul (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS 5 SD N PERCOBAAN 2 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85553/1/Nuringsih%20Khusnul%20K_Skripsi%20Full%20Teks.pdf