eprintid: 85542
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/08/55/42
datestamp: 2025-02-17 07:10:04
lastmod: 2025-02-17 07:10:04
status_changed: 2025-02-17 07:10:04
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Ardhita, Dian
title: ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BANTUL TIMUR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN LUAS DAN VOLUME
ispublished: pub
subjects: F4
subjects: media_pend
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV SD
Bantul Timur pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
kurangnya antusiasme dan keterlibatan siswa pada pembelajaran matematika.
Selain itu, rendahnya hasil belajar matematika siswa turut menjadi pendorong
penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian case
study (studi kasus). Penelitian ini dilaksanakan di SD Bantul Timur pada semester
genap tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang kerap
tidak menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan
instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, dan
dokumentasi. Adapun teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Bantul Timur menunjukkan bahwa: 1) siswa menunjukkan rasa senang dalam mengikuti pembelajaran matematika, namun
dalam rasa ketertarikan dalam belajar, perhatiannya dalam pembelajaran, kemauan
belajar, keterlibatan dalam pembelajaran masih kurang, 2) berkaitan dengan bentuk
partisipasi siswa, siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan dan bertanya
terkait materi pembelajaran, serta kurang aktif dalam kegiatam diskusi kelompok,
3) Adapun faktor internal yang mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya
motivasi untuk belajar, niat, dan sikap disiplin siswa. Pada Faktor eksternal yang
mempengaruhi minat belajar siswa pendampingan belajar oleh orang tua.
Sedangkan pada faktor pendekatan belajar yaitu keaktifan siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
Kata kunci: Analisis, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika.
date: 2025-02-17
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Ardhita, Dian  (2025) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BANTUL TIMUR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN LUAS DAN VOLUME.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/85542/1/Dian%20Ardhita_20108244116_Tugas%20Akhir%20Skripsi.pdf