eprintid: 85542 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/55/42 datestamp: 2025-02-17 07:10:04 lastmod: 2025-02-17 07:10:04 status_changed: 2025-02-17 07:10:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ardhita, Dian title: ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BANTUL TIMUR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN LUAS DAN VOLUME ispublished: pub subjects: F4 subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV SD Bantul Timur pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusiasme dan keterlibatan siswa pada pembelajaran matematika. Selain itu, rendahnya hasil belajar matematika siswa turut menjadi pendorong penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian case study (studi kasus). Penelitian ini dilaksanakan di SD Bantul Timur pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang kerap tidak menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Bantul Timur menunjukkan bahwa: 1) siswa menunjukkan rasa senang dalam mengikuti pembelajaran matematika, namun dalam rasa ketertarikan dalam belajar, perhatiannya dalam pembelajaran, kemauan belajar, keterlibatan dalam pembelajaran masih kurang, 2) berkaitan dengan bentuk partisipasi siswa, siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan dan bertanya terkait materi pembelajaran, serta kurang aktif dalam kegiatam diskusi kelompok, 3) Adapun faktor internal yang mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya motivasi untuk belajar, niat, dan sikap disiplin siswa. Pada Faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa pendampingan belajar oleh orang tua. Sedangkan pada faktor pendekatan belajar yaitu keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Analisis, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika. date: 2025-02-17 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Ardhita, Dian (2025) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BANTUL TIMUR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN LUAS DAN VOLUME. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85542/1/Dian%20Ardhita_20108244116_Tugas%20Akhir%20Skripsi.pdf