%0 Thesis
%9 S1
%A Ardhita, Dian
%B PGSD
%D 2025
%F UNY:85542
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BANTUL TIMUR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN LUAS DAN VOLUME
%U http://eprints.uny.ac.id/85542/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV SD  Bantul Timur pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  kurangnya antusiasme dan keterlibatan siswa pada pembelajaran matematika.  Selain itu, rendahnya hasil belajar matematika siswa turut menjadi pendorong  penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian case  study (studi kasus). Penelitian ini dilaksanakan di SD Bantul Timur pada semester  genap tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang kerap  tidak menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Teknik pengumpulan data  yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan  instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, dan  dokumentasi. Adapun teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini  adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Bantul Timur menunjukkan bahwa: 1) siswa menunjukkan rasa senang dalam mengikuti pembelajaran matematika, namun  dalam rasa ketertarikan dalam belajar, perhatiannya dalam pembelajaran, kemauan  belajar, keterlibatan dalam pembelajaran masih kurang, 2) berkaitan dengan bentuk  partisipasi siswa, siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan dan bertanya  terkait materi pembelajaran, serta kurang aktif dalam kegiatam diskusi kelompok,  3) Adapun faktor internal yang mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya  motivasi untuk belajar, niat, dan sikap disiplin siswa. Pada Faktor eksternal yang  mempengaruhi minat belajar siswa pendampingan belajar oleh orang tua.  Sedangkan pada faktor pendekatan belajar yaitu keaktifan siswa dalam kegiatan  pembelajaran.  Kata kunci: Analisis, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika.