%L UNY85535 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas V SD N segugus Sidoluhur yang berjumlah 103 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Krajan yang berjumlah 18 siswa dan siswa kelas V SD N Sidoluhur berjumlah 14 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pre-test dan post-test kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi hasil uji t-test pada kegiatan post-test memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelasV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil uji N-Gain Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi adalah sebesar 63,99 atau 64 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol (Model STAD berbantuan media gambar) adalah sebesar 32.867192 atau 32,87 % termasuk dalam kategori tidak efektif. Kata Kunci: Think pair share, kemampuan numerasi. %T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR %A Aisha Anggraeni %D 2025 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi