<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model\r\nCooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi\r\nterhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini\r\nmerupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi\r\nexperimental. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas V SD N segugus\r\nSidoluhur yang berjumlah 103 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas\r\nV SD Krajan yang berjumlah 18 siswa dan siswa kelas V SD N Sidoluhur berjumlah\r\n14 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Sampel\r\npenelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan\r\nadalah tes pre-test dan post-test kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang\r\ndipergunakan yaitu uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi hasil uji t-test pada kegiatan post-test\r\nmemiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat\r\nsignifikansi 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan\r\nmodel Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga\r\nedukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelasV Sekolah Dasar. Berdasarkan\r\nhasil uji N-Gain Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan\r\nmedia ular tangga edukasi adalah sebesar 63,99 atau 64 % termasuk dalam kategori\r\ncukup efektif. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol (Model\r\nSTAD berbantuan media gambar) adalah sebesar 32.867192 atau 32,87 % termasuk\r\ndalam kategori tidak efektif.\r\nKata Kunci: Think pair share, kemampuan numerasi."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/date> "2025-02-17" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675165> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f8eb8c77e413cfb5ba84e7e979e231ce> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f8eb8c77e413cfb5ba84e7e979e231ce> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f8eb8c77e413cfb5ba84e7e979e231ce> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f8eb8c77e413cfb5ba84e7e979e231ce> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Aisha"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f8eb8c77e413cfb5ba84e7e979e231ce> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Anggraeni"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f8eb8c77e413cfb5ba84e7e979e231ce> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Aisha Anggraeni"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675165> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675165> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675165> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/85535/> . <http://eprints.uny.ac.id/85535/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #85535 \n\nPENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/85535/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/85535/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Media Pendidikan" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .