%0 Thesis
%9 S1
%A Anggraeni, Aisha
%B PGSD
%D 2025
%F UNY:85535
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR
%U http://eprints.uny.ac.id/85535/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model  Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi  terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini  merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi  experimental. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas V SD N segugus  Sidoluhur yang berjumlah 103 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas  V SD Krajan yang berjumlah 18 siswa dan siswa kelas V SD N Sidoluhur berjumlah  14 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Sampel  penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan  adalah tes pre-test dan post-test kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang  dipergunakan yaitu uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi hasil uji t-test pada kegiatan post-test  memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat  signifikansi 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan  model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga  edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelasV Sekolah Dasar. Berdasarkan  hasil uji N-Gain Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan  media ular tangga edukasi adalah sebesar 63,99 atau 64 % termasuk dalam kategori  cukup efektif. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol (Model  STAD berbantuan media gambar) adalah sebesar 32.867192 atau 32,87 % termasuk  dalam kategori tidak efektif.  Kata Kunci: Think pair share, kemampuan numerasi.