@phdthesis{UNY85535,
           title = {PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR},
            year = {2025},
           month = {February},
          author = {Aisha Anggraeni},
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi
terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi
experimental. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas V SD N segugus
Sidoluhur yang berjumlah 103 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas
V SD Krajan yang berjumlah 18 siswa dan siswa kelas V SD N Sidoluhur berjumlah
14 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Sampel
penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan
adalah tes pre-test dan post-test kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang
dipergunakan yaitu uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi hasil uji t-test pada kegiatan post-test
memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat
signifikansi 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan
model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga
edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelasV Sekolah Dasar. Berdasarkan
hasil uji N-Gain Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan
media ular tangga edukasi adalah sebesar 63,99 atau 64 \% termasuk dalam kategori
cukup efektif. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol (Model
STAD berbantuan media gambar) adalah sebesar 32.867192 atau 32,87 \% termasuk
dalam kategori tidak efektif.
Kata Kunci: Think pair share, kemampuan numerasi.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/85535/}
}