<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/dc/terms/title> "PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SD\r\nTAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan\r\nkarakter peduli sosial di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa serta untuk\r\nmengetahui kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan\r\nkarakter peduli sosial di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa dengan subjek penelitan yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan perwakilan orang tua. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa berjalan dengan baik melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran; pengembangan diri dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian; serta budaya sekolah dengan kegiatan-kegiatan sekolah yang sesuai dengan indikator nilai karakter peduli sosial. Sedangkan kendala dalam pelaksanaan karakter peduli sosial yaitu disebabkan\r\nfaktor internal atau dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu dari keluarga\r\ndan kemajuan teknologi. Solusi dalam pelaksanaan karakter peduli sosial yaitu\r\nmemberikan perhatian, mengontrol, pendekatan terhadap siswa, dan mengajak\r\nuntuk membaur dengan temannya, serta antara guru dan orang tua harus kerja sama\r\ndalam pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial pada siswa.\r\nKata kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Sosial"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/dc/terms/date> "2025-02-14" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675160> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f7eaabf0935a9d37474170e414f9386e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f7eaabf0935a9d37474170e414f9386e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f7eaabf0935a9d37474170e414f9386e> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f7eaabf0935a9d37474170e414f9386e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Rafidah"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f7eaabf0935a9d37474170e414f9386e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Salma"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-f7eaabf0935a9d37474170e414f9386e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Rafidah Salma"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675160> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675160> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675160> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SD\r\nTAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/85469/> . <http://eprints.uny.ac.id/85469/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #85469 \n\nPELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SD \nTAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/85469/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/85469/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85469> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .