eprintid: 85465 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/54/65 datestamp: 2025-02-14 03:04:35 lastmod: 2025-02-14 03:04:35 status_changed: 2025-02-14 03:04:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugroho, Irfan Adi title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 4 JIMBUNG ispublished: pub subjects: ipa subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA KELAS IV SD N 4 Jimbung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 4 Jimbung yang berjumlah 24 peserta didik. Sampel penelitian ini dipilih melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pre-test dan post-test kemampuan berpikir kreatif. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan levene test. Teknik analisis data yang dipergunakan yakni independent t-test. Hasil penelitian dari uji-t berbantuan software SPSS 30 for Windows menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD N 4 Jimbung dengan signifikansi sangat tinggi dengan besaran p <,001 dan didukung dengan nilai mean post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebesar 67.50 dan 84.58. Kreativitas peserta didik ditunjukkan oleh kemampuan dalam mengembangkan ide-ide kreatif, menyelesaikan masalah IPA secara inovatif, serta berkolaborasi secara efektif dengan teman sekelas dalam diskusi dan eksperimen. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), dan pengaruh date: 2025-02-14 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Nugroho, Irfan Adi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 4 JIMBUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85465/1/SKRIPSI%20IRFAN%20FIX.pdf