@phdthesis{UNY85465, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 4 JIMBUNG}, author = {Irfan Adi Nugroho}, month = {February}, year = {2025}, url = {http://eprints.uny.ac.id/85465/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA KELAS IV SD N 4 Jimbung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 4 Jimbung yang berjumlah 24 peserta didik. Sampel penelitian ini dipilih melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pre-test dan post-test kemampuan berpikir kreatif. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan levene test. Teknik analisis data yang dipergunakan yakni independent t-test. Hasil penelitian dari uji-t berbantuan software SPSS 30 for Windows menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD N 4 Jimbung dengan signifikansi sangat tinggi dengan besaran p {\ensuremath{<}},001 dan didukung dengan nilai mean post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebesar 67.50 dan 84.58. Kreativitas peserta didik ditunjukkan oleh kemampuan dalam mengembangkan ide-ide kreatif, menyelesaikan masalah IPA secara inovatif, serta berkolaborasi secara efektif dengan teman sekelas dalam diskusi dan eksperimen. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), dan pengaruh} }