TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Nisa, Nada Khoirun UR - http://eprints.uny.ac.id/85421/ M1 - skripsi AV - restricted TI - JENIS-JENIS PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI (STUDI KASUS DI SD NEGERI 2 KLINTING) Y1 - 2025/02/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas VI mengenai pengertian perilaku bullying, jenis-jenis bullying, kapan dan dimana bullying terjadi, serta dampak adanya bullying yang terjadi pada peserta didik kelas VI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah lima peserta didik kelas VI yang mendominasi adanya bullying di kelas VI, yaitu peserta didik dengan inisial FA, WN, GL, CY, dan MT. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles & Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis perilaku bullying yang terjadi pada peserta didik kelas VI, yaitu bullying verbal, fisik, dan relasional. Bentuk perilaku bullying verbal, yaitu mengejek, menyoraki, dan menyuruh. Bentuk perilaku bullying fisik, yaitu melempar menggunakan suatu barang, menarik-narik kerudung, memalak, menyandung kaki, dan menyakiti teman. Kemudian bentuk perilaku bullying relasional yang terjadi, yaitu merendahkan. Waktu paling sering terjadi bullying, yaitu saat pembelajaran tetapi guru tidak berada di dalam kelas. Tempat paling banyak terjadi bullying, yaitu di dalam ruang kelas VI. Dampak bullying yang dirasakan pelaku, yaitu merasa puas dan semakin mem-bully, dikeroyok oleh saksi bullying, meminta maaf. Dampak bullying yang dirasakan korban, yaitu menjadi pendiam, kesal, berkata kasar, pulang saat jam istirahat, dan tidak mau berangkat sekolah. Kemudian dampak yang dirasakan penonton/saksi bullying, yaitu ikut mem-bully, mengeroyok pelaku, menertawakan, empati, dan menjadi tidak percaya diri. Kata kunci : Perilaku Bullying, Peserta Didik, Sekolah Dasar ID - UNY85421 ER -