<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI\r\nMEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA\r\nPADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN\r\nGUNUNGKIDUL"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan\r\nmelalui media kartu kata bergambar pada siswa kelas I SD Negeri Siraman 2. Hal ini\r\ndilatarbelakangi oleh peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang kurang signifikan. Selain itu kurang antusiasnya siswa mengikuti pembelajaran Bahasa\r\nIndonesia untuk kegiatan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2 yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukkan apabila siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 mencapai 75% dan kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa minimal mendapatkan kategori sedang (65%-79%).  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2. Kemampuan membaca permulaan siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan media kartu kata bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan membaca permulaan menunjukkan peningkatan, dilihat dari persentase hasil pada pratindakan 60%, siklus I 70%, dan siklus II 79%. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 juga mengalami peningkatan, pratindakan 4 siswa, siklus I 6 siswa, dan siklus II 12 siswa. Kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa juga sudah mencapai kategori sedang. Keberhasilan dalam penelitian ini sudah tercapai karena siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 sudah mencapai 75% dan kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa sudah mencapai kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Siraman 2.\r\nKata kunci : membaca permulaan, kartu kata bergambar, sekolah dasar, siswa\r\nkelas 1 SD"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/date> "2025-02-12" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675155> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-84c0e8855d91605a6ea83661e73e9703> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403#authors> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-84c0e8855d91605a6ea83661e73e9703> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-84c0e8855d91605a6ea83661e73e9703> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-84c0e8855d91605a6ea83661e73e9703> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Chatarina Lidya"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-84c0e8855d91605a6ea83661e73e9703> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Manafe"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-84c0e8855d91605a6ea83661e73e9703> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Chatarina Lidya Manafe"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675155> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675155> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/675155> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI\r\nMEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA\r\nPADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN\r\nGUNUNGKIDUL (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/85403/> .
<http://eprints.uny.ac.id/85403/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #85403 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI&#13;\nMEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA&#13;\nPADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN&#13;\nGUNUNGKIDUL\n\n" .
<http://eprints.uny.ac.id/85403/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" .
<http://eprints.uny.ac.id/85403/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Media Pendidikan" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .