relation: http://eprints.uny.ac.id/85403/
title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI  MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA  PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN  GUNUNGKIDUL
creator: Manafe, Chatarina Lidya
subject: Media Pendidikan
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan  melalui media kartu kata bergambar pada siswa kelas I SD Negeri Siraman 2. Hal ini  dilatarbelakangi oleh peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang kurang signifikan. Selain itu kurang antusiasnya siswa mengikuti pembelajaran Bahasa  Indonesia untuk kegiatan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2 yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukkan apabila siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 mencapai 75% dan kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa minimal mendapatkan kategori sedang (65%-79%).  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2. Kemampuan membaca permulaan siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan media kartu kata bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan membaca permulaan menunjukkan peningkatan, dilihat dari persentase hasil pada pratindakan 60%, siklus I 70%, dan siklus II 79%. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 juga mengalami peningkatan, pratindakan 4 siswa, siklus I 6 siswa, dan siklus II 12 siswa. Kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa juga sudah mencapai kategori sedang. Keberhasilan dalam penelitian ini sudah tercapai karena siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 sudah mencapai 75% dan kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa sudah mencapai kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Siraman 2.  Kata kunci : membaca permulaan, kartu kata bergambar, sekolah dasar, siswa  kelas 1 SD
date: 2025-02-12
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/85403/1/Skripsi_Chatarina%20Lidya%20Manafe.pdf
identifier:   Manafe, Chatarina Lidya  (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN GUNUNGKIDUL.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.