TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Y1 - 2025/02/11/ N2 - Disiplin belajar menjadi hal yang penting, guna dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk meraih prestasi belajar yang optimal. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian korelasional. Penelitian korelasi dilakukan untuk mengetahui tentang kuat lemahnya suatu hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Kraton Yogyakarta, yang berjumlah 248 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala untuk mengukur variabel disiplin belajar dan nilai STS semester genap matematika untuk mengukur variabel prestasi belajar matematika. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar skala yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas serta uji linearitas, dan uji hipotesis yang menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar matematika memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai pearson correlation sebesar 0,649. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Besarnya hubungan antara variabel disiplin belajar dengan variabel prestasi belajar tersebut berada pada kategori kuat Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar ID - UNY85389 A1 - Salshabila, Lucyanna UR - http://eprints.uny.ac.id/85389/ M1 - skripsi AV - restricted ER -