TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Rahmawati, Devi M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/85388/ AV - restricted TI - PENGEMBANGAN KAJUMRANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI DEMANGAN N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa KAJUMRANG yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran matematika siswa kelas II SD Negeri Demangan. Serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Jenis penelitian ini adalah Research and Develompment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Demangan dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas II SD Negeri Demangan. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, dan angket serta data dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan KAJUMRANG untuk meningkatkan hasil belajar matematika ini diketahui bahwa penilaian validasi ahli media dikategorikan ?sangat layak? dengan skor 97,5%. Penilaian validasi ahli materi dikategorikan ?sangat layak? dengan skor 87,5%. Hasil uji coba produk KAJUMRANG dibuktikan dari hasil soal tes siswa yang memperoleh skor 90,5 dengan kategori ?praktis? serta hasil respon guru yang memperoleh skor 97,5 dengan kategori ?praktis?. Produk media pembelajaran KAJUMRANG dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukan pada peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa tuntas secara klasikal, mengalami peningkatan sebesar 95,6 dengan kategori ?efektif?. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran KAJUMRANG untuk meningkatkan hasil belajar matematika dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan siswa kelas II SD Negeri Demangan. Kata Kunci: pengembangan media, KAJUMRANG, hasil belajar matematika. Y1 - 2025/02/11/ ID - UNY85388 ER -