eprintid: 85387
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/08/53/87
datestamp: 2025-02-11 02:27:52
lastmod: 2025-02-11 02:27:52
status_changed: 2025-02-11 02:27:52
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Nur’azizah, Fitri Utami
title: PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN
MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN BOJONG
KECAMATAN PANJATAN, KULON PROGO
ispublished: pub
subjects: media_pend
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses peningkatan
keterampilan berbicara menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas V
SDN Bojong; dan (2) mengetahui hasil peningkatan keterampilan berbicara
menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas V SDN Bojong.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang memiliki empat tahapan
yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini, peneliti juga berperan
sebagai pengajar yang mengajar siswa sesuaidengan perangkat pembelajaran yang
telah dibuat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bojong tahun ajaran
2023/2024 yang berjumlah 10 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan
berbicara siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berupa
rubrik penilaian keterampilan berbicara, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas dalam keterampilan
berbicara mencapai 81%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Bojong. Pada kegiatan pratindakan hasil penilaian keterampilan berbicara
siswa sebesar 71% dengan kategori baik kemudian meningkat menjadi 76% pada
siklus I dengan kategori baik. Pada siklus II hasil penilaian keterampilan berbicara
mencapai 86,5% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut telah mencapai target
keberhasilan penelitian sebesar 81%.
Kata kunci: keterampilan berbicara, media boneka tangan, penelitian tindakan
kelas
date: 2025-02-11
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Nur’azizah, Fitri Utami  (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN BOJONG KECAMATAN PANJATAN, KULON PROGO.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/85387/1/SKRIPSI_Fitri%20Utami%20Nur%27azizah.pdf