eprintid: 85387 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/53/87 datestamp: 2025-02-11 02:27:52 lastmod: 2025-02-11 02:27:52 status_changed: 2025-02-11 02:27:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur’azizah, Fitri Utami title: PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN BOJONG KECAMATAN PANJATAN, KULON PROGO ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas V SDN Bojong; dan (2) mengetahui hasil peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas V SDN Bojong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini, peneliti juga berperan sebagai pengajar yang mengajar siswa sesuaidengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bojong tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berupa rubrik penilaian keterampilan berbicara, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas dalam keterampilan berbicara mencapai 81%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Bojong. Pada kegiatan pratindakan hasil penilaian keterampilan berbicara siswa sebesar 71% dengan kategori baik kemudian meningkat menjadi 76% pada siklus I dengan kategori baik. Pada siklus II hasil penilaian keterampilan berbicara mencapai 86,5% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut telah mencapai target keberhasilan penelitian sebesar 81%. Kata kunci: keterampilan berbicara, media boneka tangan, penelitian tindakan kelas date: 2025-02-11 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Nur’azizah, Fitri Utami (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS V SDN BOJONG KECAMATAN PANJATAN, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85387/1/SKRIPSI_Fitri%20Utami%20Nur%27azizah.pdf