@phdthesis{UNY85348, month = {December}, note = {Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, author = {Andy Nico Herliawan}, title = {erbedaan Tingkat Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas V Sebelum dan Sesudah Menerima Pembelajaran Permainan Tradisional di SD Negeri Panjatan Tahun Ajaran 2023/2024}, year = {2024}, keywords = {keterampilan sosial, permainan tradisional, peserta didik kelas V}, url = {http://eprints.uny.ac.id/85348/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Perubahan Tingkat Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas V Setelah Menerima Pembelajaran Permainan Tradisional di SD Negeri Panjatan tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan desain penelitian kuasi eksperimental. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas V di SD Negeri Panjatan dengan jumlah 27 anak. Kemudian, proporsi peserta didik dalam satu kelas adalah 15 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa persepsi peserta didik kelas V terhadap pembelajaran pendidikan jasmani yaitu perbedaan tingkat keterampilan sosial peserta didik kelas V sebelum dan sesudah menerima pembelajaran permainan tradisional di SD Negeri Panjatan tahun ajaran 2023/2024, tingkat keterampilan sosial peserta didik sebelum menerima pembelajaran permainan tradisional berada pada kategori sangat kurang yang mencapai 10 peserta didik, dengan perolehan nilai mean 53,0 masuk ke dalam kategori keterampilan sosial sangat rendah. Sedangkan dari hasil posttest mengalami kenaikan rata-rata menjadi 76,5 dengan kategori keterampilan sosial sangat tinggi sebanyak 9 peserta didik. Dari penjelasan tersebut tingkat keterampilan sosial peserta didik kelas V meningkat setelah dilakukan pembelajaran permainan tradisional dengan selisih nilai mean sebesar 23,5.} }