eprintid: 85347 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/53/47 datestamp: 2025-02-06 01:55:38 lastmod: 2025-02-06 01:55:38 status_changed: 2025-02-06 01:55:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Damayanti, Zeni Wiwit corp_creators: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. title: Pengembangan Modul Ajar Pencak Silat Karakter Trengginas Berbasis Direct Instruction Learning Untuk Siswa SMP Kelas VIII ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public keywords: direct instruction, karakter trengginas, modul ajar, pencak silat note: Dosen Pembimbing: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. abstract: enelitian bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa modul ajar pencak silat karakter trengginas berbasis Direct Instruction Learning untuk siswa SMP kelas VIII, serta mengetahui kelayakan produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 fase, yaitu; (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba skala kecil, (7) revisi uji coba skala kecil, (8) uji coba skala besar, (9) revisi uji skala besar, (10) produk akhir. Penelitian pengembangan ini divalidasi oleh dua orang ahli, yaitu ahli pencak silat dan ahli pembelajaran. Uji coba skala kecil dan skala besar dilakukan di SMP N 2 Punggelan Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah responden 15 untuk uji coba skala kecil, dan 25 untuk uji coba skala besar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan instrumen yang berupa lembar penilaian. Teknik analisis data pada penelitian dan pengembangan ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitataif. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) dihasilkan modul ajar pencak silat karakter trengginas berbasis Direct Instruction Learning untuk siswa SMP kelas VIII dengan dua materi yaitu gerakan serang hindar dan merangkai gerakan serang hindar, (2) modul ajar ini dikategorikan “Layak” dengan hasil dari validasi ahli pencak silat sebesar 92,5%, ahli pembelajaran sebesar 90,6%, (3) modul ajar ini efektif digunakan terbukti dari hasil uji coba skala kecil rata-rata nilai pretest siswa sebesar 46,47 dan nilai posttest sebesar 96,67. Uji coba skala besar rata-rata nilai pretest siswa sebesar 48,17 dan nilai posttest sebesar 97,2. Hasil tersebut menunjukkan kenaikan yang signifikan akibat dari penerapan modul ajar pencak silat karakter trengginas berbasis Direct Instruction Learning untuk siswa SMP kelas VIII. date: 2024-08-09 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi thesis_type: skripsi citation: Damayanti, Zeni Wiwit (2024) Pengembangan Modul Ajar Pencak Silat Karakter Trengginas Berbasis Direct Instruction Learning Untuk Siswa SMP Kelas VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85347/1/fulltext_zeni%20wiwit%20damayanti_20601241097.pdf