TY - THES A1 - ADINA WISMA, RAHAYU TI - PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PERTANYAAN REKAYASA (PLANTET QUESTIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA AV - public ID - UNY8529 KW - Pertanyaan Rekayasa (Plantet Questions) KW - aktivitas KW - hasil belajar Y1 - 2012/09// UR - http://eprints.uny.ac.id/8529/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh bukti bahwa strategi Pertanyaan Rekayasa dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo; dan (2) memperoleh bukti bahwa peningkatan strategi Pertanyaan Rekayasa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam satu siklus terdapat satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran IPS berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik dan guru, wawancara dengan peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Pertanyaan Rekayasa (Plantet Questions) dapat meningkatkan aktivitas peserta didik. Bukti bahwa adanya peningkatan aktivitas pembelajaran ditunjukkan dari hasil pengamatan di lapangan yakni pada siklus I aktivitas pembelajaran berada pada kategori baik (B) dan cukup (C), sedangkan siklus II aktivitas pembelajaran berada pada kategori baik (B) dan sangat baik (A); dan (2) Bukti peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi Pertanyaan Rekayasa selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasi belajar peserta didik yang mencapai nilai di atas KKM 72, pada siklus I sebanyak 16 peserta didik (48,48%), sedangkan siklus II sebanyak 30 peserta didik (90,9%). Dengan demikian strategi Pertanyaan Rekayasa dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo. Kata kunci: Pertanyaan Rekayasa (Plantet Questions), aktivitas, hasil belajar ER -