eprintid: 8525 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 2 dir: disk0/00/00/85/25 datestamp: 2012-12-10 06:27:35 lastmod: 2012-12-10 06:27:35 status_changed: 2012-12-10 06:27:35 type: article metadata_visibility: show creators_name: Nurina Kurniasari, Rahmawati creators_name: Teguh, Wibowo creators_name: Nila, Kurniasih creators_id: nurinakr@gmail.com creators_id: teguhwibowoump@yahoo.com creators_id: kurniasih.nila@yahoo.co.id title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N SE-KECAMATAN BANYUURIP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA ispublished: pub subjects: snmpm_2012 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public keywords: Model E-learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran E-learning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N se-Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo.yang berjumlah 768 siswa. Sampel penelitian berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert, Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Uji analisis variansi memberikan hasil bahwa model pembelajaran E-learning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, tetapi motivasi belajar sedang tidak memberikan hasil belajar yang lebih baik dari motivasi belajar rendah pada materi kubus dan balok, serta tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Kata kunci: Model E-learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar date: 2012-11-10 publication: Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY pagerange: 1-8 refereed: TRUE issn: 978-979-16353-8-7 official_url: http://www.uny.ac.id citation: Nurina Kurniasari, Rahmawati and Teguh, Wibowo and Nila, Kurniasih (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N SE-KECAMATAN BANYUURIP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-8. ISSN 978-979-16353-8-7 document_url: http://eprints.uny.ac.id/8525/1/P%20-%2069.pdf