TY - JOUR SN - 978-979-16353-8-7 ID - UNY8524 KW - Komunikasi KW - PMRI KW - konstruktivisme PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY A1 - Novi, Komariyatiningsih A1 - Nila, Kesumawati EP - 8 N2 - Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kaitan antara kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan PMRI. Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting pada matematika dalam pendidikan matematika (Ilma, 2011). Pugalee (2011) mengatakan bahwa jika siswa diberi kesempatan berkomunikasi tentang matematika, maka siswa akan berusaha membangkitkan proses berpikirnya dalam pengembangan kemahiran menulis dan membaca matematika atau literasi matematis. Salah satu nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah komunikasi. Kemampuan komunikasi siswa ini dapat diwujudkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai. PMRI merupakan salah satu teori pembelajaran yang menggunakan teori belajar konstruktivisme yang telah dikembangkan di Belanda, dikenal dengan RME (Realistic Mathematics Educaton) sejak awal 70-an, di Indonesia. PMRI memiliki lima karakteristik, diantaranya menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model, menggunakan kontribusi siswa. Dengan menggunakan masalah kontekstual (hal-hal yang dekat dengan siswa), siswa mengorganisasikan masalah tersebut ke dalam model, dan mempresentasikan hasil pekerjaannya sehingga siswa mampu mengungkapkan pendapat, menjawab pertanyaan, serta menjustifikasi jawabannya. Dari karakteristik PMRI tersebut terlihat adanya keterkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Komunikasi, PMRI, konstruktivisme Y1 - 2012/11/10/ UR - http://www.uny.ac.id SP - 1 AV - public TI - KETERKAITAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa ER -