relation: http://eprints.uny.ac.id/85183/
title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING  (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V  SD NEGERI CEBONGAN PADA MATA PELAJARAN IPA
creator: Putri, Nuraini Amalia
subject: Ilmu Pengetahuan Alam
subject: Media Pendidikan
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran  Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima SD  Negeri Cebongan pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran.  Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi  Eksperimental Design. Peneliti menggunakan dua kelas penelitian, yakni satu kelas  eksperimen (model PBL) dan satu kelas kontrol (model saintifik). Pengumpulan data  peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil skor nilai pretest dan  posttest. Teknis analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan kriteria: Jika sig > α (0,05), maka H0 diterima, H1 ditolak. Jika sig < α (0,05), maka H0 ditolak, H1 diterima.  Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa model PBL berpengaruh positif dan  signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas lima SD Negeri Cebongan  Pada Mata Pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran, karena hasil uji Hipotesis  diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05 pada tabel equal variances  assumed, dengan ketentuan jika sig (2-tailed) > α (0,05), maka H0 diterima, H1 ditolak.  Dan jika sig (2-tailed) < α (0,05), maka H0 ditolak, H1 diterima. Sehingga dapat  disimpulkan bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima SD Negeri Cebongan pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran.  Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, IPA, Model Pembelajaran Problem Based  Learning, , Zat Tunggal dan Campuran
date: 2025-02-02
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/85183/1/Skripsi_PGSD_Nuraini%20Amalia%20Putri%2020108244049.pdf
identifier:   Putri, Nuraini Amalia  (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI CEBONGAN PADA MATA PELAJARAN IPA.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.