relation: http://eprints.uny.ac.id/85183/ title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI CEBONGAN PADA MATA PELAJARAN IPA creator: Putri, Nuraini Amalia subject: Ilmu Pengetahuan Alam subject: Media Pendidikan subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima SD Negeri Cebongan pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Peneliti menggunakan dua kelas penelitian, yakni satu kelas eksperimen (model PBL) dan satu kelas kontrol (model saintifik). Pengumpulan data peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil skor nilai pretest dan posttest. Teknis analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan kriteria: Jika sig > α (0,05), maka H0 diterima, H1 ditolak. Jika sig < α (0,05), maka H0 ditolak, H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas lima SD Negeri Cebongan Pada Mata Pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran, karena hasil uji Hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05 pada tabel equal variances assumed, dengan ketentuan jika sig (2-tailed) > α (0,05), maka H0 diterima, H1 ditolak. Dan jika sig (2-tailed) < α (0,05), maka H0 ditolak, H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima SD Negeri Cebongan pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, IPA, Model Pembelajaran Problem Based Learning, , Zat Tunggal dan Campuran date: 2025-02-02 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/85183/1/Skripsi_PGSD_Nuraini%20Amalia%20Putri%2020108244049.pdf identifier: Putri, Nuraini Amalia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI CEBONGAN PADA MATA PELAJARAN IPA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.