%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Muhammad Rijal Wahid, Muharram %D 2012 %F UNY:8515 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %P 1-12 %T QUANTUM MATHEMATIC, MEMAHAMI NILAI-NILAI MATEMATIKA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA %U http://eprints.uny.ac.id/8515/ %X Berfikir mengenai matematika, maka kita berfikir mengenai bagaimana kita mengembangkan pola piker dalam bernalar dan pula bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Pemecahan masalah dalam matematika memberikan sebuah kontribusi positif dalam membangun bangsa. Hal ini sejalan dengan konsep pendidikan karakter yang dewasa ini menjadi sebuah hal fenomenal. Ini menjawab kondisi masyarakat kita khususnya sebagian generasi muda yang sangat membutuhkan pemahaman-pemahaman mengenai kehidupan sosial. Matematika sebagai pola piker mencoba menjawab permasalahan ini melalui suatu rangkaian pemahaman dalam ruang lingkup Quantum Mathematic. Makalah ini berusaha mengangkat nilai-nilai matematika yang tersembunyi di dalam konsep-konsepnya untuk dapat dioptimalkan dalam pengembangan pendidikankarakter di Indonesia. Pemahaman mengenai matematika yang terkesan sulit akan diubah menjadi menyenangkan dalam konsep Quantum. Metode yang digunakan merupakan konsep konvergensi dalam pemahaman pembelajaran Quantum dengan pembelajaran berbasis budaya atau kearifan lokal. Matematika adalah nilai-nilai yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Sehingga, melalui Quantum Mathematic ini pemahaman secara keseluruhan akan coba dikupas tuntas menjadi sebuah nilai yang dapat diaplikasikan dan dikembangkan menjadi sebuah karakter yang menunjang kepribadian agung masyarakat Indonesia.