%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Muhamad, Yasin %D 2012 %F UNY:8514 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K gaya komunikasi, logika desain pesan %P 1-8 %T ANALISIS GAYA KOMUNIKASI GURU MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KOMUNIKASI LOGIKA DESAIN PESAN (Studi kasus pada SMP dan MTs di Kecamatan Mranggen) %U http://eprints.uny.ac.id/8514/ %X Pada dasarnya pengetahuan individu adalah kemampuan awal yang telah dimiliki siswa, seperti dapat diketahui pengetahuan yang dimiliki siswa merupakan prasyarat untuk mengikuti pelajaran, dan sejauh mana siswa telah menguasai atau mengetahui materi yang akan diajarkan. Kemampuan belajar individu (siswa) yang disertai kecakapan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yang dihadapinya. Kemampuan ini sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya intelegensi yang mana menunjukkan kecakapan sesuai dengan tingkat perkembangannya. B.J.O'Keefe mengemukakan 3 logika desain pesan yang ada, yakni logika ekspresif, logika konvensional, dan logika retorika. Dari kenyataan itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena mungkin terdapat gaya komunikasi yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam menerima materi, sehingga dengan analisa penggunaan logika desain pesan dapat meminimalkan kesulitan peserta didik dalam menerima materi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: Bagaimana gaya komunikasi guru dalam pembelajaran matematika (ekspresif, konvensional, atau retorika)?.Sebagai jawaban dari pertanyaan di atas dilakukan penelitian deskriptif-kualitatif dengan mengambil subyek 5 sekolah yang berada di wilayah Kec.Mranggen Kab.Demak dengan subyeknya masing-masing 2 orang guru matematika dari 4 sekolah dan 1 guru dari 1 sekolah, karena untuk yang satu sekolah hanya ada 4 kelas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat 5 guru yang gaya komunikasinya tergolong dalam logika desain retorika, 1 guru tergolong dalam logika desain ekspresif, 2 guru tergolong dalam logika desain konvensional dan 1 guru tergolong kombinasi dari logika desain konvensional dan ekspresif. Jadi, secara keseluruhan rata-rata gaya komunikasi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika adalah logika desain pesan retorika. Kata kunci : gaya komunikasi, logika desain pesan