TY - JOUR JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa SN - 978-979-16353-8-7 EP - 10 SP - 1 UR - http://www.uny.ac.id ID - UNY8513 TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SQUARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII1 SMP ISLAM YLPI PEKANBARU A1 - Mefa, Indriati A1 - Tuti, Syafrianti Y1 - 2012/11/10/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk melihat hasil belajar matematika serta aktifitas siswa dan guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Square. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan yang memiliki kemampuan heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, mengikuti alur PTK dan model pembelajaran kooperatif. Siswa belajar dan bekerjasama dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang terdiri dari seorang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang dan satu orang berkemampuan rendah. Pada penelitian ini terdapat 8 kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata presentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa. Sebelum dilakukan tindakan sebesar 62,5% meningkat pada UH I menjadi 68,75% dan pada UH II menjadi 81,25%. Begitu juga dari rata-rata nilai skor dasar 78,5 menjadi 79,13 pada UH I dan 83,16 pada UH II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Kooperatif, Think Pair Square, Hasil Belajar Matematika PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY KW - Kooperatif KW - Think Pair Square KW - Hasil Belajar Matematika AV - public ER -