@article{UNY8512, title = {MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIKA MELALUI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA}, pages = {1--10}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, author = {Kusumaningrum Maya and Saefudin Abdul Aziz}, month = {November}, year = {2012}, journal = {Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8512/}, keywords = {kemampuan berpikir matematika, pemecahan masalah matematika}, abstract = {Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemecahan masalah matematika untuk mengoptimakan kemampuan berpikir matematika. Kemampuan berpikir matematika siswa dapat dikembangkan dan dioptimalkan melalui pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Menurut Polya dalam pemecahan masalah terdapat empat langkah yang harus dilakukan, yaitu: (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3) menyelesaikan masalah sesuai rencana langkah kedua (4) memeriksa kembali hasil yang diperoleh (looking back). Dalam pemecahan masalah matematika, siswa tidak hanya mengembangkan kemampuan berpikir tingkat rendah (low order thinking skill) tetapi lebih utama yaitu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill). Kemampuan berpikir matematika merupakan sebuah proses dinamis yang menuntut lahirnya beragam ide yang kompleks sehingga terjadi peningkatan pemahaman. Beberapa kemampuan berpikir matematika yang dibahas dalam artikel ini adalah kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: kemampuan berpikir matematika, pemecahan masalah matematika} }