@phdthesis{UNY85057, author = {Muh Tamimuddin Hidayatullah and Herman Dwi Surjono}, month = {August}, title = {Pengembangan Model Pelatihan Online Dengan Pendekatan Task-Centered Instruction Untuk Peningkatan Kompetensi Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru.}, year = {2024}, school = {Sekolah Pascasarjana}, url = {http://eprints.uny.ac.id/85057/}, abstract = {Kompetensi integrasi teknologi dalam pendidikan telah menjadi keharusan dalam lanskap pembelajaran modern. Penelitian ini mengusulkan model pelatihan guru online yang menggabungkan prinsip Teori Aktivitas dan Andragogi dengan menerapkan pendekatan instruksional task-centered instruction. Model ini melibatkan pendekatan pelatihan yang berpusat pada tugas autentik, desain holistik, pendekatan berbasis masalah, pembelajaran bertahap, didukung bimbingan dan umpan balik oleh fasilitator serta pemanfaatan media/alat teknologi digital yang relevan, termasuk dengan penggunaan teknologi LMS (Learning Management System) dan AI (Artificial Intelligence). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan mengadopsi pendekatan metode campuran, kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengevaluasi efektivitas model pelatihan menggunakan desain one-group pre-test post-test, dengan mengukur pengetahuan dan keterampilan teknologi dalam integrasi teknologi peserta serta penilaian diri peserta terhadap kemampuan integrasi teknologi dan self-efficacy dalam integrasi teknologi. Umpan balik kualitatif dikumpulkan melalui survei, observasi, analisis dokumen dan wawancara untuk memahami pengalaman dan persepsi peserta terhadap pelatihan. Model pelatihan diimplementasikan dalam pengaturan online penuh pada 50 subjek penelitian yaitu guru matematika SMP, memanfaatkan platform LMS dan integrasi alat bantu berbasis AI untuk meningkatkan pengalaman dan hasil belajar. Komponen utama model termasuk desain tugas-tugas autentik, scaffolding kompleksitas tugas, penyediaan contoh/demonstrasi, dan dukungan berkelanjutan. Temuan menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dinyatakan valid oleh para ahli. Hasil uji implementasi menunjukkan peningkatan dalam pengetahuan dan keterampilan teknologi guru, dan peningkatan self-efficacy mengenai integrasi teknologi. Peserta, fasilitator dan observer menyatakan bahwa model ini praktikal untuk digunakan dan dapat diimplementasikan dalam skala yang lebih luas.}, keywords = {integrasi teknologi, pelatihan guru online, LMS, kecerdasan buatan, efikasi diri integrasi teknologi} }