%L UNY84990
%A Ika Nur Arifah
%X Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk
berupa buku saku berbasis problem based learning yang layak, praktis, dan efektif
untuk digunakan pada pembelajaran matematika pada materi FPB dan KPK kelas
IV SD. Penelitian dan pengembangan buku saku berbasis problem based learning
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu
Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngablak yang berjumlah 15.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku berbasis problem based
learning terbukti layak, praktis, dan efektif pada materi FPB dan KPK kelas IV
SD. Kelayakan buku saku diperoleh dari hasil validasi materi yang mendapatkan
skor rata-rata 4,1 dengan kategori “layak” dan hasil validasi media mendapatkan
skor rata-rata 4,6 dengan kategori “ sangat layak”. Kepraktisan buku saku dapat
dilihat dari hasil respon siswa yang memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori
“sangat praktis” dan hasil respon guru yang memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan
kategori “sangat praktis”. Untuk mengetahui keefektifan buku saku dapat dilihat
pada hasil pretest dan posttest dengan perolehan skor rata-rata N-Gain sebesar
0,95 termasuk dalam klasifikasi “tinggi”.
Kata Kunci : Buku Saku Berbasis Problem Based Learning, FPB dan KPK,
Siswa SD.
%T PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PROBLEM BASED
LEARNING MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR
(FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)
KELAS IV SD
%D 2025
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi