%0 Thesis
%9 S1
%A Arifah, Ika Nur
%B PGSD
%D 2025
%F UNY:84990
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PROBLEM BASED  LEARNING MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR  (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)  KELAS IV SD
%U http://eprints.uny.ac.id/84990/
%X Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk  berupa buku saku berbasis problem based learning yang layak, praktis, dan efektif  untuk digunakan pada pembelajaran matematika pada materi FPB dan KPK kelas  IV SD. Penelitian dan pengembangan buku saku berbasis problem based learning  menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu  Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba  penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngablak yang berjumlah 15.  Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik  analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku berbasis problem based  learning terbukti layak, praktis, dan efektif pada materi FPB dan KPK kelas IV  SD. Kelayakan buku saku diperoleh dari hasil validasi materi yang mendapatkan  skor rata-rata 4,1 dengan kategori “layak” dan hasil validasi media mendapatkan  skor rata-rata 4,6 dengan kategori “ sangat layak”. Kepraktisan buku saku dapat  dilihat dari hasil respon siswa yang memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori  “sangat praktis” dan hasil respon guru yang memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan  kategori “sangat praktis”. Untuk mengetahui keefektifan buku saku dapat dilihat  pada hasil pretest dan posttest dengan perolehan skor rata-rata N-Gain sebesar  0,95 termasuk dalam klasifikasi “tinggi”.  Kata Kunci : Buku Saku Berbasis Problem Based Learning, FPB dan KPK,  Siswa SD.